FEED OF RUDY'S WORDPRESS BLOG

Tuesday 12 January 2010

Solusi Jitu komunikasi antar site office Murah

Adapun alasan perusahaan memberikan e-mail public pada karyawan tertentu dan tidak pada semua karyawan adalah lebih pada masalah keamanan data. karena jika diberikan kepada semua karyawan maka itu berarti potensi untuk mengirimkan informasi keluar perusahaan sangat besar dan hal ini sangatlah sulit terkontrol karena banyaknya account yang harus dimonitor oleh team TInya.  Padahal dari sisi efektifitas komunikasi sangat tinggi. E-mail digunakan sebagai sarana komunikasi manajemen antara atasan dan bawahan, antar divisi dan antar karyawan. E-mail mempunyai peranan besar dalam menyampaikan arahan-arahan manajemen dari level atas ke bawah dan dapat dipertanggungjawabkan. E-mail juga sangat efektif digunakan untuk perusahaan yang mempunyai beberapa Site Office pada jarak yang jauh, misalnya: antar kota, antar provinsi atau antar pulau.

Perusahaan mempunyai kepentingan terhadap informasi yang dimilikinya agar tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan tindakan merugikan perusahaan. Ini berarti perusahaan menganggap informasi sebagai Asset perusahaan. Inilah tugas TI Departemen untuk melakukan pengamanan informasi perusahaan dimana fokus bahasannya pada penggunaan e-mail public.

Solusi yang bisa disarankan adalah dengan membangun Mail Server Intranet dimana E-mail hanya bisa digunakan untuk menerima dan mengirim dari dan ke karyawan dimana sifatnya internal. E-mail intranet ini hanya untuk keperluan komunikasi di dalam perusahaan.

Pilihan Mail Server ada yang Open Source dan Non-Open Source yang berplatform Windows maupun Linux. Saya pernah berhasil menginstalasi dan mengimplementasi yang Non-Open Source yaitu Domino Server dan yang Open Source yaitu Zimbra Colaboration Suite. Hasil Implementasi ini dirasakan oleh perusahaan sangat membantu dalam komunikasi yang efektif.

Domino Server 6.5 berplatform pada Windows Server sedangkan Zimbra pada Red Hat Enterprise Linux 5. Client Domino Server 6.5 menggunakan Lotus Notes Client dan Zimbra lebih flexible bisa menggunakan Zimbra Client, Outlook Express atau Webmail Zimbra.

No comments: