FEED OF RUDY'S WORDPRESS BLOG

Thursday 21 January 2010

Inilah Solusi Jitu menurunkan biaya komunikasi perusahaan.

Bagi perusahaan yang mempunyai banyak site office atau cabang dengan lokasi yang berjauhan akan berfikir "bagaimana menciptakan bentuk komunikasi yang efektif dan efisien? agar supaya manajemen dapat mensosialisasikan suatu kebijakan ke site-site Office dibawahnya lebih cepat dan tepat. Karena ada anggapan bahwa "Perusahaan yang memenangkan suatu persaingan adalah perusahaan yang menguasai teknologi informasi". Komunikasi menjadi sangat penting agar terjadi sinkronisasi antara pusat dan cabang. Wacana teknologi komunikasi perusahaan ini menimbulkan kebutuhan media komunikasi yang efektif dari segi kualitas dan efisien dari segi kontrol biaya komunikasinya.

Pembangunan infrastruktur komunikasi yang sederhana dan murah adalah yang bisa dilakukan oleh divisi Teknologi Informasi (TI) sebagai embrio  komunikasi yang berbasis TI.

Menurut logika penulis mengenai pengembangan TI adalah sebagai berikut " Bahwa kebutuhan  teknologi komunikasi berbasis TI akan berkembang seiiring dengan kemajuan perusahaan dalam mendapatkan profit"

Bagi perusahaan yang baru berkembang penulis berikan solusi sederhana yang bisa dibangun untuk memenuhi kebutuhan komunikasi yang berbasis TI yang  bisa berpengaruh pada biaya komunikasi konvensional seperti telpon dan facimile.

Ilustrasi :

" Media komunikasi untuk berhubungan antar site office adalah dengan speedy atau modem internet misalnya telkomsel flash, indosat, 3 dsb. Kemudian bangun dan instalasi VPN (Virtual Private Network) Server Client menggunakan VPN kerio winroute , Open VPN dsb. Setelah itu gunakan software komunikasi yang ada seperti Windows Messenger, Outlook Messenger. Jika kita tidak menggunakan VPN kita bisa menggunakan software komunikasi yang free kita dapatkan seperti nimbuzz, skype, yahoo!Messenger. Pembangunan VPN adalah untuk alasan keamanan data bahwa kita hanya berhubungan dengan internal perusahaan."

Jagat internet sendiri telah memberikan sesuatu yang lebih mudah untuk kita berkomunikasi, akan tetapi untuk alasan keamanan data perusahaan memilih  membangun dan menginstalasi VPN.
Menurut pendapat penulis mengenai pengertian VPN dapat disederhanakan sebagai berikut: "VPN adalah Jaringan Area Lokal yang dibangun diatas Jaringan Global atau Public yaitu Internet".

Perusahaan dimana penulis bekerja telah membangun VPN Kerio Winroute di Head Office Jakarta yang merupakan sarana komunikasi antara Head Office dengan Site Office Kalimantan Timur. Media Komunikasi yang dipakai adalah  speedy (sama seperti pada Site Officenya) dengan software komunikasi yang digunakan adalah Outlook Messenger berbasis Server-Client.

Menurut informasi user mengenai teknologi komunikasi berbasis TI yang telah diterapkan pada Site Office, ternyata mampu mereduksi biaya komunikasi konvensional ke jakarta lumayan tajam serta dirasa  tinggi efektifitasnya.

Outlook Messenger menurut penulis jika dimaksimalkan efektifitasnya maka bisa digunakan untuk transfer data, voice dan teleconference(diskusi jarak jauh).

Semoga tulisan ini bermanfaat....Hidup teknologi informasi

No comments: